Pengikut

Selasa, 15 November 2016

Manfaat Membaca

10 Manfaat Membaca yang Mengagumkan
1. Menstimulasi/ Merangsang Otak
Penelitian telah menunjukkan bahwa stimulasi otak dapat memperlambat perkembangan (atau bahkan mungkin mencegah) penyakit Alzheimer dan Demensia, karena menjaga otak anda tetap aktif dan mencegahnya dari kehilangan kemampuannya. Sama seperti otot-otot dalam tubuh, otak pun membutuhkan latihan untuk tetap kuat dan sehat, sehingga ungkapan “gunakan atau anda akan kehilangannya” sangatlah tepat untuk menggambarkan kondisi ini. Bermain puzzle dan game seperti catur, telah diteliti dapat membantu merangsang perkembangan otak.
2. Mengurangi Stress
Tidak peduli seberapa banyak stress yang anda miliki di tempat kerja, dalam hubungan pribadi anda, atau masalah lain yang tak terhitung jumlahnya yang anda hadapi dalam kehidupan sehari-hari, itu semua akan menyelinap pergi ketika anda menyibukkan diri dalam sebuah aktivitas membaca. Sebuah novel yang ditulis dengan baik dapat memindahkan anda ke alam lain, sementara sebuah artikel menarik akan mengalihkan perhatian anda dan membuat anda berada pada saat ini, membiarkan ketegangan mengalir pergi dan memungkinkan anda untuk bersantai.

3. Menambah Pengetahuan
Semua yang anda baca akan mengisi kepala anda dengan sejumlah informasi baru, dan anda tidak pernah tahu kapan hal itu akan berguna untuk anda. Semakin banyak pengetahuan yang anda dapatkan, semakin baik anda dibekali untuk mengatasi setiap tantangan yang akan anda hadapi di masa mendatang.
Selain itu, inilah makanan untuk pikiran anda: ketika anda menemukan diri anda dalam kondisi buruk, ingatlah bahwa meskipun anda mungkin kehilangan segala sesuatu yang anda miliki – pekerjaan anda, harta benda anda, uang anda, atau bahkan kesehatan anda – pengetahuan tidak akan pernah bisa diambil dari anda.

4. Memperkaya Kosakata
Ini berjalan sesuai dengan judul di atas: semakin banyak anda membaca, semakin banyak kata yang anda dapatkan, dan hal ini pasti akan membuka jalan untuk menjadi kosakata sehari-hari anda. Menjadi pandai bicara sangat berguna dalam profesi apa pun, dan mengetahui bahwa anda dapat berbicara dengan atasan dengan kepercayaan diri bisa menjadi dorongan besar untuk meningkatkan citra diri anda. Bahkan hal ini bisa membantu dalam pengembangan karir anda. Karena orang-orang yang baik dalam hal membaca, pandai bicara, dan memiliki pengetahuan luas cenderung untuk mendapatkan promosi lebih cepat (dan lebih sering) dibandingkan mereka dengan penguasaan kosakata yang kurang.
Membaca buku juga penting untuk mempelajari bahasa baru, karena hal itu akan memperluas kata-kata yang digunakan dalam konteks, sehingga meningkatkan kemampuan dalam menulis dan kefasihan berbicara.
5. Meningkatkan Daya Ingat
Ketika anda membaca buku atau sebuah novel misalnya, anda harus mengingat berbagai macam karakter, latar belakang mereka, ambisi, sejarah, nuansa, serta berbagai alur yang merangkai setiap cerita. Itu cukup banyak untuk diingat, tetapi otak adalah sesuatu yang luar biasa dan bisa mengingat hal-hal ini dengan relatif mudah. Cukup mengagumkan, setiap memori baru yang anda buat akan menciptakan sinapsis baru (jalur otak) dan memperkuat yang sudah ada, yang membantu mengingat memori dalam jangka pendek serta menstabilkan suasana hati. Keren bukan? (Baca juga: 6 Cara Meningkatkan Daya Ingat Anda)
6. Kemampuan Berpikir Analitis yang Kuat
Apakah anda pernah membaca sebuah novel misteri yang menakjubkan, dan memecahkan misteri sendiri sebelum anda menyelesaikan membaca buku tersebut? Jika demikian, anda mampu menempatkan pemikiran kritis dan analitis untuk bekerja dengan mengambil poin-poin dari semua rincian yang diberikan dan memilah mereka untuk menentukan “siapa pelakunya”.
Kemampuan yang sama untuk menganalisa detil juga sangat berguna ketika anda perlu untuk mengkritisi isi cerita; menentukan apakah itu adalah cerita yang ditulis dengan baik, apakah karakter telah dikembangkan dengan baik, apakah alur cerita berjalan lancar, dsb. Jika anda pernah memiliki kesempatan untuk mendiskusikan buku dengan orang lain, anda akan dapat menyatakan pendapat anda dengan jelas, karena anda telah meluangkan waktu untuk benar-benar menganalisa semua aspek yang terlibat.
7. Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi
Dalam era internet dan teknologi yang luar biasa saat ini, perhatian kita seakan-akan ditarik dalam satu juta arah yang berbeda ketika kita melakukan banyak aktivitas setiap hari. Dalam rentang 5 menit, rata-rata orang akan membagi waktu antara bekerja pada tugas, memeriksa email, chatting dengan beberapa orang, melihat twitter/facebook, mengecek smartphone serta berinteraksi dengan rekan kerja. Jenis perilaku seperti ini menyebabkan tingkat stress meningkat dan menurunkanproduktivitas.
Ketika anda membaca buku, semua perhatian anda hanya terfokus pada cerita dan anda melupakan hal-hal lainnya yang berada di luar buku. Cobalah untuk membaca selama 15-20 menit sebelum bekerja, yaitu pada aktivitas di pagi hari anda (anda bisa melakukannya ketika duduk di angkutan umum misalkan). Anda kelak akan terkejut melihat betapa jauh lebih fokus anda setelah anda tiba di kantor dan mulai beraktivitas.
8. Keterampilan Menulis Lebih Baik
Jika anda adalah seorang penulis, membaca tentu saja akan sangat mendukung profesi anda. Dengan cara yang sama dimana musisi mempengaruhi satu sama lain, dan pelukis menggunakan teknik yang dibangun oleh master sebelumnya, begitu juga penulis belajar bagaimana menyusun kata-kata dengan membaca karya-karya orang lain. Gaya penulis lain selalu akan mempengaruhi gaya penulisan milik anda sendiri. Hal ini juga berjalan seirama dengan perluasan kosakata anda.
9. Ketenangan
Selain relaksasi yang menyertai ketika membaca buku yang bagus, sangat mungkin bahwa subjek yang anda baca dapat membawa kedamaian batin dan ketenangan. Membaca teks spiritual dapat menurunkan tekanan darah dan membawa ketenangan mendalam. Membaca buku pengembangan diri telah terbukti membantu orang yang menderita gangguan mood (suasana hati) tertentu dan gangguan mental ringan.
10. Hiburan Gratis
Meskipun banyak dari kita ingin membeli buku, namun beberapa buku memiliki harga yang cukup mahal. Untuk anda yang memiliki anggaran rendah, anda dapat mengunjungi perpustakaan setempat. Disana banyak tersedia buku-buku tebal yang tak terhitung jumlahnya dengan berbagai macam subjek dan mereka terus menerus menyediakan buku-buku baru sehingga anda tidak akan pernah kehabisan bahan bacaan. Sayangnya perpustakaan di Indonesia kurang begitu berkembang dan anda mungkin kesulitan menemukan perpustakaan di kota anda.
Namun di era digital ini anda tidak perlu khawatir. Di internet banyak tersedia e-book gratis yang bisa anda download dan membacanya di e-reader, iPad atau layar komputer anda. Terdapat genre bacaan untuk setiap orang di planet ini, entah itu literatur klasik, fashion, biografi, sejarah, panduan pengembangan diri, novel romatis dan masih banyak lagi. Yang anda perlukan hanyalah keinginan kuat anda untuk mulai membaca secara teratur.


 sumber :http://www.akuinginsukses.com/10-manfaat-membaca-dan-mengapa-anda-harus-melakukannya-setiap-hari/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar